Perjalanan Pelayanan PESAT Nabire

Perjalanan pelayanan PESAT NABIRE dimulai dari batalnya pelayanan Ev. Daniel Alexander, KKR di Timika pada bulan Agustus tahun 1994. Kejadian ini justru menjadi jawaban doa buat Ev. Daniel Alexander, setelah sekian lama berdoa buat Papua. Karena belum ada jadwal pelayanan ditempat lain maka Bpk. Indarto Tanaya menawarkan Ev. Daniel Alexander ke Nabire, awalnya tawaran ini ditolak, selain belum tahu Nabire itu ada dimana juga tidak pernah berpikir tentang Nabire. Setelah berdoa bersama istri, Roh Kudus memberi jawaban harus ke Nabire, akhirnya tawaran tersebut diterima.

Sampai di Nabire mendapat sambutan yang cukup baik dari beberapa persekutuan kristen, akhirnya pada bulan Nopember kembali ke Nabire untuk memperjelas visi Tuhan buat kota kecil yang sebelumnya tak pernah di pikirkan.

Tonggak sejarah Pelayanan Pesat Nabire dimulai pada tanggal 17 Juli 1995, dengan didirikannya TK Anugerah di Karang Tumaritis yang dikelola bersama-sama dengan PWKI Nabire. Masih di tahun yang sama, pengelolaan TK Anugerah diserahkan kepada PWKI Nabire dan Pesat merintis TK Agape di Kalibobo. Pelayanan ini terus berkesinambungan dengan dibukanya SD Kristen Agape, SMP Kristen Anak Panah, dan tahun ini dibuka SMA Kristen Anak Panah.

Selain bidang pendidikan, masih ada beberapa bidang pelayanan lainnya, seperti :

Pembinaan dan pemulihan jiwa-jiwa
Beberapa anggota yang ada didalam komunitas Pesat, sebagian masih dalam pembinaan. Mereka dari latar belakang yang beragam, dan sebagian besar adalah anak - anak muda.

Pelayanan Gereja
Pesat Nabire bekerjasama dengan beberapa denominasi untuk melayani gereja-gereja terpencil yang susah dijangkau dan memerlukan dukungan. Maka Pesat Nabire membantu melayani dalam hal pelayanan Firman, sementara untuk kepentingan organisasi tetap ditangani oleh gereja induk.

Memberkati Kota
Umat kristen di Nabire selalu responsif terhadap hal-hal baru tentang perkembangan pengajaran gereja. Maka Pesat Nabire memfasilitasi kegiatan KKR, Seminar dan sejenisnya secara inter-denominasi.
Pesat Nabire juga melayani melalui Radio Swara Menara Kasih, Pelayanan Multimedia, Panggung Boneka dan kedepan sedang dipersiapkan majalah rohani untuk menggembalakan Papua.

Terkait dengan pembinaan jiwa-jiwa, Pesat Nabire memfasilitasi berbagai jenis usaha seperti : Pertanian, Perdagangan, Pertukangan. Sementara yang sedang dalam masa perintisan adalah : Perikanan, Sablon, Studio Photo - Printing Digital. Kesemuanya disiapkan untuk membuka lapangan pekerjaan dan membina generasi muda yang masih memerlukan pekerjaan.

Masih ada satu bidang pelayanan yang Tuhan percayakan tetapi belum dapat ditangani secara maksimal, yaitu pelayanan kesehatan. Detail dari pelayanan ini dapat dibaca pada halaman lain dengan judul Rumah Kesembuhan,

Perjalanan pelayanan masih sangat panjang, karena di tanah ini pekerjaan-Nya sangat besar, sehingga masih ada begitu banyak hal yang harus dikerjakan. Dan tidak ada seseorang, lembaga atau yayasan didunia ini yang bisa menyelesaikan tanpa pertolongan-Nya. Termasuk Pesat Nabire, tidak akan bisa berbuat apa-apa tanpa pertolongan Dia. Karena jawaban untuk tanah ini hanya ada pada Dia yang sangat mengasihi Papua. Maka tidak ada cara lain untuk menghentikan tangisan, peperangan, kemiskinan, sakit penyakit, ketertinggalan dan segala macam pekerjaan si jahat di Papua. Selain dengan cara “Menghadirkan Kerajaan-Nya di Papua”

 

 

GALERI FOTO






Copyright ® 2013 www.anakindonesiamembangun.org